Total Pageviews

Wednesday, May 22, 2013

Hari Pertama di Singapura

Hey there.. Gw mau sharing ttg jalan2 gw ke singapore kali yang kedua.. Gw berangkat cuma berdua sama cami, ya modal bismilah aja deh yaa.. Hmm tiket pesawat udah dpt dari bulan oktober 2012 buat mei 2013.. Buat penginapan, pake abc hostel bugis, udah booking dari januari 2013.. Gw dapat penerbangan sore jam3 naik jetstar valuair dari cengkareng and berhubung beda sejam jadinya nyampe sana jam7 malem.. Begitu sampai di changi, kita lgsg menuju bgian imigrasi.. Sebelumnya sih di pesawat ngisi form kedatangan jadi nanti di spore udh tinggal antri imigrasi.. Gak ada yang ribet sih, cuma antri nyerahin passport buat dicap terus selesai deh..

Karena norak baru pernah ngeliat bandara changi, jadilah kita foto2 dulu disitu.. Dan gak lupa juga ke toilet, toiletnya bersih wangi dan rapi bangeeddd.. Beda jauh sama cgk (airport indonesia).. disamping deket toilet ada air keran minum buat diminum.. airnya dingin, dem banged deh.. hehe

Selesai foto2 dari changi, gw langsung menuju skytrain ke terminal 2.. Iya jadi terminal kedatangan gw itu terminal 1.. kalo mau naik mrt, elo harus menuju terminal 2. skytrain dateng tiap 3menitan dan dari terminal 1 ke terminal 2 cuma butuh 3menitan.. Di spore transportasi gampang bgd.. Gak ribet dan cepet soalnya mrt nya rapi bgd dan ontime tiap 4menitan..

Ohiya selnjutnya cara beli tiket mrt.. Karena gw nyampe sana udh malem jadinya beli tiket 1 perjalanan aja.. Padahal kalau mau irit bisa pake singapore tourist pass, itu berlaku sehari semalem sampai jam12 malam di hari yang sama.. Kalo mau tau lebih jelas ttg stp, ini situsnya thesingaporetouristpass.com.sg..

Beli tiket mrt di mesin atau gtm, pilih peta perjalanan nanti klik mau kemana (layar touch screen) abis itu masukin uangnya.. Gtm cuma nerima uang plastik maksimal 5sgd.. Waktu itu gw panik, cuma ada 10sgd. Alhamdulillah Allah mengirimkan pertolongannya.. Tiba2 muncul ibu petugas mrt ngasi tukeran pecahan 5 sgd.. Kemudian dapet deh tiket mrt di tangan.. yeyeyeyee..

Oke sekarang gw udah di mrt.. Dari changi ke bugis, transit di tanah merah.. Pilih arah joo koon.. Nah abis itu turun deh di bugis.. Mrt bugis itu atasnya adalah bugis junction kaya mall yang isinya tapi kebanyakan foodcourt gitu.. Keluar dari bugis, jalan deh ke arah raffles hospital belok kanan dari pintu mrt.. lurus aja terus deh.. nanti sekitar 10menitan ketemu jalan kubor.. belok kanan, udah deh ketemu abc backpacker hostel yang sempit itu hehehe..

Waktu itu gw nyampe jam8 malem, yang jaga resepsionis si mou.. orangnya galak and gak ramah. malesin deh.. Gw bayar sisa pembayaran 48sgd berdua 4pax buat 2org sama deposit 20sgd jadi total 68sgd. Sebelumnya gw udh down payment 48sgd pas di jkt via bca, terus gw ditunjukin kamar toilet dapur dll. Kamarnya asli sempit bgd. Tempat tidur tingkat yang bunyi kretek2 kalo ada yang gerak. Loker ada dibawah tempat tidur tanpa gembok. Sialnya gw lupa bawa gembok huhh.. Pokonya kalo elo berdiri berdua barengan pasti senggolan deh saking sempitnya tuh kamar.. kalo buat toilet gw dpt yg enak sih.. Kamar mandi pake heater plus wc nya bersih bgd. Tenang2 kamar mandinya ada banyak, tapi yg luas_lengkap cuma 1 yg deket kamar gw. Sisanya mah buat mandi pake shower kepisah (sempit) adajuga wc nya kepisah (sempit juga). Dapurnya lengkap.. Cuma kamar aja sih yang bermasalah. Ohiya ada lagi bonusnya selimut, handuk sama roti tawar buat sarapan.. Sarapan tiap jam stg8 sampe jam10 siang..

Nyampe kamar, gw mutusin buat gak mandi dulu.. Tadinya mau liat merlion di malam hari, tapi karena capek banged gak jadi deh.. Akhirnya kita keliling bugis. Bugis junction, bugis village sampe bugis street adalagi bhg.. Intinya sih mall semua.. yang seru di bugis street sejenis itc kali ya tanah abang gtu.. Disitu ada makanan, gantungan kunci, baju dll.. Kalo masalah harga lumayanlah tapi kalo souvenir barangnya kurang variatif.. 10 sgd dapet 18 keychains.. Modelnya biasa aja tapi.. Jadi gw gak beli apa2 di hari itu.. hehe

Selesai keliling bugis jam11, ohiya sebelumnya gw juga sempet mampir ke mesjid sultan yang famous itu, deket kog dari bugis di arab street.. Isya disini jam stg9 malem lho.. Cami sempet ikut jamaah, gw lagi gak sholat. Jadi kllg doank aja foto2.. Mesjidnya gede, bagus, lumayan luas.. Tapi masjid kaya begini sih udah biasa di jakarta tapi klo di spore sih ini mesjid udah masuk kategori luasss.. Pas pulang gw juga sempet liat2 resto arab di bugis.. harga termurah chicken bryani 6sgd.. kalo minuman teh o ice itu 2sgd.. Itu harga resto, besok gw bahas deh harga versi pasar (hawker center)..

Karena udah capek, gw balik ke abc.. Kita mandi, terus makan bekel dari jakarta.. gw bawa makaroni sup sama energen.. Di dapur abc gak ada kompor, adanya microwave sama kulkas dan dispenser cold hot aja.. Tapi itu udah cukup bgd kog.. Apa2 self service, jadi abis makan, gelas piring sendok cuci sendiri yaa..

oke cuss dulu ya besok lanjut hari kedua..