Total Pageviews

Friday, March 13, 2015

Potret Guru Masa Kini

Hmm sebagai seorang kepala bagian akademik di lembaga pendidikan dengan murid super banyak. Gw bener2 galau maksimal. Ngeliat para calon tutor yang kemampuannya sungguh teramat minim. Padahal itu baru jenjang sd smp. Jadi sebenernya itu mereka waktu jadi sarjana belajar engga sih. kog soal sederhana sd smp aja engga bisa.

Kalau untuk s1 lulusan univ negeri biasanya kualitas oke lah. lumayan. Tapi masalahnya para sarjana lulusan negeri itu lebih milih kerja kantoran daripada ngajar. Yaudah jadi aja kan sekolah kekurangan tenaga pendidik yang kompeten. Khususnya sekolah swasta ga terkenal. Haduh ancur masa depan seorang anak kalau di sekolah aja gurunya ngaco2 ngajarnya. Astagfirullahaldzim

Dan berdasarkan pengalaman gw, guru yang ngaco itu lulusan univ swasta. Innalilahi. Parahnya lulusan univ swasta jurusan keguruan. HAHAHAHA. Mau kaya apa itu anak yang diajar, kalo gurunya aja engga ngerti materi yang mau diajarin. Dan dilematisyang amat sangat, gw sebagai kepala akademik mesti mau ga mau terima itu guru ga kompeten.Dengan catatan gw dikte. Iya semua penyampaian materi harus dibawah pengawasan gw.

Pernah loh beberapa kali, ada siswa Tanya materi. Dan sukses dijawab dengan super ngaco sama si guru lulusan swasta ini. Mbok ya kalo ga paham gausah sok tau kali. Belajar lagi liat buku. Sorry banged ya bukannya gw ngerendahin sarjana dari swasta. Tapi gw sebagai lulusan negeri aja sadar beberapa temen gw juga ga kompeten di bidangnya. Ga masalah kalo mereka kerja kantor. Lah elo udah bego pede banged mau jadi guru.Nyadar kek nyadar. Ilmu yang lo kasih itu dipertanggungjawabin di akhirat woy. Yahh jadi wajar aja kalau nowadays lo liat tuh anak sd smp sma making a jelas. Lah gurunya aja macem itu. Ga peduli sama muridnya. sing penting dia dapet gaji. selesai perkara, mau ngajar bener apa engga bodo amat.

Bersyukur lah kalo gw yang ngajar, gw insyaAllah sebelum ngajar nguasain materi keseluruhan dan gw peduli banged sama apapun gerak gerik mencurigakan para murid gw. Ga Cuma ngajar tok, murid bercanda bodo amat. Semoga kalian yang mau pada jadi guru baca tulisan gw ya. Inget ga Cuma paham materi tapi peduli kondisi siswa. Seribu satu hari gini nyari guru yang bener. ketokin pala ke tembok. stresss.

Paling Cuma 1% orang pinter yang mau jadi guru. Secara jadi guru penuh tekanan. Lagipula para temen gw yang pinter itu berpikir. Jadi guru tuh ga berkelas. huhhhh Lebih pilih perusahaan besar lah ya daripada sekolahan.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.