Total Pageviews

Saturday, August 6, 2016

Review Pengalaman Jual dan Beli di Tokopedia

Haloo semua, mau share pengalaman gw belanja dan jualan online nih.. Salah satu app yang gw pake buat jualan sekaligus belanja di tokopedia. Trusted banged sih jual beli disini, kenapa demikian?
1. Klo sebagai pembeli, uang yang lo transfer ga bakal dikasih ke rekening penjual sampe barang berhasil kita terima dan sesuai. klo bener barangnya dan sesuai, silahkan klik paket diterima. Lalu uang yang lo bayar cair deh ke saldo penjual. tapi klo lo komplain, misalnya barang tidak sesuai atau kurang. Uang yang udah lo bayar ditahan di rekber tokopedia sampe masalah lo dan penjual kelar. i

2. Klo sebagai penjual, kita kirim barang pesanan pembeli pake dana pribadi dulu. Klo ada pembeli yang komplain, resikonya dana lama cairnya tunggu sampe resolusinya kelar. tklo ada pembeli nakal yang ngaku2 paket kurang padahal udah dikirim lengkap. ada lhoo orang2 kaya gitu. 

Sebagai seller, seriusan ini curhatan terdalam gw yang kadang suka betee sama pembeli gatau diri. sesama manusia ko ada ya yang jahatnya sebegitu amat.. curhat seller tokopedia :

Barang udah dikirim lengkap, tepat waktu sesuai deskripsi. eh itu pembeli ngasih bintang cuma 1 2 3 ganyampe 4 atau 5. kalimat ulasannya sih bagus. masaiya kaga ngerti istilah bintang. bintang 123 itu kan kurang bagus buat performa toko :( tolong deh toped jangan cuma neken kita penjual donk, sedangkan pembeli ngasi bintang seenak jidat dan sok2an menilai padahal gak fair. pembeli kaya gini mah harusnya blacklist donk. (1) 

poin selanjutnya konfirmasi paket diterima otomatis 3x24 jam. kelamaan coy. kapan bisa muter duitnya, maksimal 2x24 jam lah ya klo mau komplain kan begitu paket diterima ya klik komplain. be smart buyer kali. bingung gw sama pembeli sekarang. (2) 

penilaian smile, yah lumayan deh. seengganya penjual bisa ngasi feedback balik. gw sih tipe penjual gyang anti jadiin cust kaya raja. mau beli sukur, engga juga gamasalah. gak rugi tuhh. gw mah jualan iseng2 aja buat tambahan klo laper mata belanja online. tapi gw cukup komunikatif kog. jadi klo dikasi netral ya balik gw netralin juga lah. sorry emang buyer doank yang bisa jahat uhh (3)

sekarang klo gw posisinya pembeli, gw mah klo barang sampe langsung klik paket diterima, klo barang oke pasti gw smile puas. ga oke aja gw ttp smile puas. tau gak kenapa? karena wajarlah dengan harga murah gw dapet segitu kualitasnya. klo mau murah tapi premium mah. yuk babay ajah.. please punya pikiran tuh open minded. bolehlah lo merasa hidup lo pas2an duit seadanya eh tapi dengan harga sebegitu murah lalu maunya barang branded. kasian gw sama orang2 kaya gitu..

gw udah jualan 2 tahun, untung gak banyak karena tujuan dagang ya have fun aja. suka kasian sih sama orang2 nyinyir yang bilang bahannya tipis, ga sesuai blablablaaa.. lo coba kelilingin tanah abang deh klo dapet harga semurah gw, gw bayarin barang lo. cihhh.. susah juga ternyata jadi seller/ kudu sabar. gw mah blokir ajalah orang2 cemtuuu. 
 
kadang gw mikir pantes indonesia ga maju2, orang2nya tukang kritik tanpa inovasi, gw gak gitu ya. gw mah kritik tapi inovatif, makanya gw jualan online :D

sekian deh curhatan gw. maaf klo kesannya galak. yahh memang gw bukan penyabar hahahahaa 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.